Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ironis, Petinggi Nazi Dimakamkan di Pemakaman Yahudi

Kompas.com - 31/10/2013, 21:59 WIB
BERLIN, KOMPAS.com — Ironis, komandan polisi rahasia Nazi Gestapo, Heinrich Mueller, yang juga merupakan salah satu pelaku pembantaian warga Yahudi pada masa Perang Dunia II, ternyata dimakamkan di sebuah pemakaman Yahudi di Berlin pada 1945.

Selama 68 tahun, nasib "Gestapo Mueller" tidak diketahui. Namun, harian Bild, berdasarkan sebuah dokumen yang ditemukan seorang sejarawan, melaporkan, Mueller meninggal dunia di akhir perang dan dimakamkan di sebuah pemakaman Yahudi di Berlin.

"Mueller tidak sempat hidup hingga akhir perang," demikian Bild mengutip sejarawan Jerman, Johannes Tuchel.

"Jasad Mueller dimakamkan pada 1945 di sebuah pemakaman Yahudi di Berlin-Mitte di sebuah kuburan massal," tambah Tuchel.

Sebelumnya dikabarkan, Mueller berhasil selamat melewati Perang Dunia II. Bahkan, intelijen Jerman, BND, pernah meyakini bahwa Mueller pernah terlihat di Carlsbad, Ceko, pada musim panas 1949.

Namun, Tuchel menegaskan bahwa pernyataan dinas rahasia itu sama sekali salah. "Jasad Mueller ditemukan pada Agustus 1945 di sebuah pemakaman di dekat kementerian penerbangan Reich oleh pasukan komando pemakaman," ujar Tuchel.

Jasad Mueller, kenang Tuchel, mengenakan seragam jenderal saat ditemukan. "Di dalam saku kiri jasnya, terdapat beberapa benda, antara lain, sertifikat tugas militer lengkap dengan foto," tambah Tuchel.

Dalam laporannya, Bild juga menampilkan sebuah dokumen yang diperoleh dari kantor pemerintah distrik Berlin-Mitte yang menunjukkan bahwa Mueller dimakamkan di pemakaman Yahudi distrik tersebut.

Kabar terbaru ini membuat pemimpin komunitas Yahudi-Jerman, Dieter Graumman, sangat marah.

"Dimakamkannya salah satu anggota Nazi yang paling brutal dan sadis di sebuah pemakaman Yahudi adalah sebuah perbuatan rendah. Ini sebuah penghinaan terhadap kenangan korban pembantaian," ujar Graumann.

Mueller diketahui hadir dalam Konferensi Wannsee di sebuah vila di pinggiran Berlin pada Januari 1942. Di tempat itulah, para tokoh senior Nazi merumuskan apa yang disebut sebagai "Solusi Akhir", sebuah rencana untuk melenyapkan etnis Yahudi di seluruh wilayah pendudukan Nazi di Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com