Kompas.com - 30/10/2013, 22:14 WIB
EditorErvan Hardoko
ROMA, KOMPAS.com — Berita terkait skandal penyadapan dinas intelijen AS ternyata belum berakhir. Kali ini sebuah majalah mingguan Italia, Panorama, Rabu (30/10/2013), mengklaim intelijen AS juga menyadap para kardinal yang mengikuti sidang konklaf pada Maret lalu.

"Badan Keamanan Nasional (NSA) menyadap komunikasi Paus," kata majalah itu.

Lebih jauh, Panorama menuding, intelijen AS juga menyadap semua pembicaraan telepon dari dan ke Vatikan, termasuk di apartemen yang ditempati Kardinal Jorge Mario Bergoglio, sebelum terpilih menjadi Paus.

Tudingan ini menyusul sebuah laporan di situs Cryptome yang menyebut intelijen AS menyadap 46 juta pembicaraan telepon di Italia dalam kurun waktu Desember 2012 hingga awal Januari 2013.

"Di antara yang disadap termasuk pembicaraan telepon keluar masuk Vatikan," ujar Panorama.

"Dikhawatirkan telinga AS mendengarkan semua pembicaraan para kardinal di malam menjelang konklaf," tambah Panorama.

Akibatnya, timbul kecurigaan pembicaraan soal Paus baru juga dipantau intelijen AS. Penyadapan terhadap Vatikan dan Paus Fransiskus ini nampak wajar, apalagi menurut Wikileaks dinas intelijen AS sudah menaruh perhatian terhadap Kardinal Bergoglio sejak 2005.

Lebih jauh, Panorama menulis hasil penyadapan komunikasi itu kemudian oleh NSA dipilah-pilah ke dalam empat kategori, yaitu masalah kepemimpinan, ancaman terhadap sistem keuangan, kebijakan luar negeri, dan hak asasi manusia.

Sementara itu, Juru Bicara Vatikan Federico Lombardi mengatakan, pihaknya belum mendengar soal penyadapan itu dan tidak terlalu memedulikannya. Jika kabar penyadapan ini benar, insiden ini akan menjadi pukulan memalukan bagi Vatikan yang dikenal dengan ketertutupan dan kerahasiaannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.