Kompas.com - 30/10/2013, 21:33 WIB
EditorErvan Hardoko
KINSHASA, KOMPAS.com - Lebih dari 5.000 pengungsi pergi meninggalkan kawasan pertempuran di wilayah timur Republik Demokratik Kongo ke negeri tetangga, Uganda pekan ini. Demikian pernyataan sejumlah pejabat PBB, Rabu (30/10/2013).

"Pertempuran menyebabkan ribuan pengungsi memasuki wilayah Uganda. Sejak Senin sudah 5.000 orang memasuki Uganda," kata juru bicara Badan Urusan Pengungsi PBB (UNHCR), Lucy Beck.

Jumlah pengungsi yang masuk ke Uganda, lanjut Lucy, diperkirakan akan melonjak hingga 10.000 karena pertempuran semakin mendekati kawasan perbatasan RD Kongo dan Uganda.

"Saat saya berbicara ini, orang-orang terus melintasi perbatasan," tambah Lucy.

Jumlah pengungsi yang begitu besar dikhawatirkan membuat UNHCR tidak akan memiliki cukup sumber daya untuk membantu mereka. Namun, sejauh ini, kamp pengungsi yang disiapkan mampu menampung hingga 150.000 orang.

Pasukan Kongo yang didukung pasukan PBB pekan ini menggelar operasi besar-besaran menghadapi pemberontak M-23 yang digerakkan para mantan prajurit angkatan darat di daerah bergolak provinsi Kivu Utara.

Gerakan M-23 dibentuk mantan pemberontak Tutsi yang dimasukkan ke dalam angkatan darat Kongo sesuai perjanjian damai 2009. Namun, pada April 2012 mereka memberontak karena menganggap perjanjian damai itu tak pernah diimplementasikan pemerintah Kongo.

PBB dan berbagai organisasi kemanusiaan menuding M-23 melakukan berbagai kejahatan kemanusiaan seperti pemerkosaan dan pembunuhan terhadap warga sipil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.