Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Dubai Gelar Kompetisi Guru Terbaik

Kompas.com - 30/10/2013, 20:06 WIB

DUBAI, KOMPAS.com - Kompetisi untuk mencari guru terbaik di dunia akan diluncurkan tahun depan, dengan hadiah 1 juta dolar AS atau sekitar Rp11,3 miliar.

Pengumuman itu disampaikan Yayasan Varkey Gems dan Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, wakil presiden Uni Emirat Arab dan penguasa Dubai.

Yayasan dengan ketua kehormatan mantan presiden AS Bill Clinton itu adalah badan amal dari serangkaian sekolah swasta, yang baru-baru ini menerbitkan laporan status guru.

Rincian kompetisi diperkirakan akan diumumkan awal tahun depan dan nominasinya akan dibuka di Forum Pendidikan dan Keterampilan Global yang akan diselenggarakan di Dubai pada bulan Maret.

Akan disusun nominasi dari negara-negara individu serta proses seleksi internasional. Panel juri akan meliputi "mantan pemimpin dunia dan anggota masyarakat terhormat" serta para pakar pendidikan dan siswa.

Hadiah yang didanai oleh Yayasan Varkey Gems bertujuan untuk mengakui pentingnya profesi guru seperti hadiah Nobel mengakui pentingnya pencapaian dalam berbagai bidang lain.

Proyek riset yang diinisiasi oleh yayasan tersebut menemukan tingkatan penghormatan yang beragam terhadap guru di berbagai negara. Indeks status guru ini menemukan bahwa  guru di China adalah yang paling dihormati.

Hadiah yang ditawarkan bertujuan untuk meningkatkan profil dan penghargaan masyarakat akan profesi guru.

"Kami ingin mempromosikan guru sebagai bintang dan mendukung kualitas pendidikan untuk mengangkat besarnya dampak guru terhadap kehidupan kita," kata Sunny Varkey, pendiri yayasan Varkey Gems.

"Mendukung pendidikan adalah mendukung kemajuan manusia dan menghargai guru adalah menghargai agen perubahan sejati dalam masyarakat," kata Sheikh Al Maktoum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com