Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan "Drone" AS Tewaskan Komandan Senior Al-Shabaab

Kompas.com - 29/10/2013, 15:50 WIB
MOGADISHU, KOMPAS.com — Seorang komandan senior kelompok militan Somalia, Al-Shabaab, tewas dalam sebuah serangan drone Amerika Serikat di sebelah selatan negeri itu. Demikian Pemerintah Somalia menjelaskan, Selasa (29/10/2013).

Menteri Dalam Negeri Abdikarin Hussein Guled kepada radio Somalia mengungkapkan bahwa dinas intelijen negeri itu sudah melacak jejak Ibrahim Ali Abdi alias Anta-Anta selama beberapa waktu sebelum drone AS menyerang, Senin (28/10/2013).

"Operasi yang menewaskan orang ini sangat penting untuk pemerintah. Orang ini memiliki peran penting dalam kematian banyak warga sipil dan semoga kematiannya akan membawa kedamaian," kata Ibrahim.

Pemerintah AS tidak menjelaskan secara spesifik lokasi serangan drone itu. Namun, biasanya drone yang beroperasi di kawasan itu biasa diluncurkan dari basis militer di Djibouti atau Arba Minch di Etiopia.

Sejumlah saksi mata mengatakan, drone AS itu menyerang sebuah mobil milik Al-Shabaab yang mengangkut sedikitnya tiga orang di dalamnya, termasuk para tokoh seniornya.

"Kami mendengar ada serangan rudal mengenai sebuah kendaraan Al-Shabaab di dekat kota Jilib (sebelah selatan Mogadishu)," kata seorang warga setempat, Abdi Moalim.

"Orang-orang yang tinggal dekat lokasi serangan mengatakan, terjadi pengeboman dengan sasaran mobil itu," tambah Moalim.

Serangan ini terjadi beberapa pekan setelah pasukan Navy SEAL menyerang sebuah kota Somalia tetapi gagal menangkap atau membunuh komandan senior Al-Shabaab yang menjadi sasaran.

Al-Shabaab pernah menguasai sebagian besar wilayah Somalia, termasuk ibu kota Mogadishu. Namun, pasukan Uni Afrika dengan kekuatan 17.000 orang berhasil mengusir Al-Shabaab dari Mogadishu dan kota pelabuhan Kismayo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com