Kompas.com - 28/10/2013, 21:25 WIB
EditorErvan Hardoko
VATICAN CITY, KOMPAS.com — Paus Fransiskus, Senin (28/10/2013), menyerukan dialog antaragama di Myanmar untuk mengakhiri kekerasan sektarian di negeri tersebut.

Seruan Paus ini disampaikan saat menerima tokoh oposisi Myanmar, Aung San Suu Kyi, di Vatikan. Dalam pertemuan itu, keduanya juga membahas upaya panjang Suu Kyi untuk memperjuangkan demokrasi.

"Paus mengungkapkan apresiasinya terhadap perjuangan tanpa kekerasan yang dilakukan Aung San Suu Kyi untuk mencapai perdamaian dan demokrasi," kata Juru Bicara Vatikan, Federico Lombardi.

"Paus mengatakan, dia akan mendoakan tercapainya dialog antaragama di Myanmar. Paus juga mengatakan Gereja Katolik akan melayani siapa saja di Myanmar tanpa diskriminasi," tambah Lombardi.

Ini adalah pertemuan pertama Paus dengan pimpin demokrasi Myanmar yang belakangan dikritik karena dianggap kurang vokal terkait kekerasan etnis dan agama di Myanmar.

Selama beberapa bulan terakhir, Myanmar diguncang kekerasan sektarian yang mengundang keprihatinan dunia internasional.

Sekitar 250 orang tewas dan 140.000 lainnya terpaksa mengungsi akibat bentrokan berdarah antarumat Buddha dan Muslim di Myanmar, terutama yang terjadi di negara bagian Rakhine sejak Juni 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.