Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Masih Rendam 15 Provinsi di Thailand

Kompas.com - 28/10/2013, 19:49 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Sampai sekarang, banjir masih merendam 15 provinsi di Thailand. Sekitar 500.000 orang masih terlanda dampaknya. Catatan Departemen Mitigasi dan Pencegahan Bencana Thailand dalam rilis terbarunya mengatakan 60 distrik di seluruh provinsi tersebut pun belum terbebas dari air bah.
Warta laman Bangkok Post pada Senin (28/10/2013) menunjukkan Provinsi Chachoengsao adalah provinsi paling parah terlanda banjir. "Sementara, di Provinsi Prachin Buri, Nakon Ratchasima, Ubon Ratchathani, dan Buriram, air sudah mulai surut," kata Direktur Jenderal Departemen tersebut, Chatchai Promlert.

Mayoritas wilayah Thailand mengalami hujan deras berkepanjangan sejak 17 September silam. Kala itu, 360 distrik dari 47 provinsi terlanda banjir. Kondisi itu juga berdampak langsung maupun tidak langsung kepada 4 juta penduduk. "Angka itu setara dengan 6,29 persen dari total populasi seluruh Thailand," kata Chatchai Promlert.

Hingga kini, air bah sudah menewaskan 80 orang. Tak hanya itu, banjir merusak infrastruktur jalan hingga persawahan.

Pemerintah Thailand melalui Perdana Menteri Yingluck Shinawatra sudah menyiapkan dana kompensasi bagi para korban. Program itu termasuk pula perbaikan properti yang rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com