Kompas.com - 28/10/2013, 13:30 WIB
EditorEgidius Patnistik
Badan intelijen ASIO menyebutkan, sekitar 200 warga Australia terlibat secara aktif dalam konflik bersenjata yang kini terjadi di Suriah. Ini merupakan jumlah terbesar keterlibatan warga asing dalam konflik yang telah berlangsung berbulan-bulan tersebut.

Menteri Imigrasi Australia Scott Morrison menegaskan, ia menghendaki agar orang-orang Australia tersebut sebaiknya dicegah jika mereka ingin kembali ke Australia.

Pakar hubungan internasional dari Universitas Melbourne Dr David Malet kepada ABC mengatakan, keterlibatan warga asing dalam perang saudara di Suriah bukan rahasia lagi. Ia menyebutkan, warga asing itu berasal Kanada, Amerika, Inggris, dan Perancis. "Tapi yang terbanyak jumlahnya justru berasal dari Australia," katanya.

Ia mengatakan, sejumlah warga Australia sebelumnya juga ikut ambil bagian dalam konflik di Somalia, ada yang bergabung dengan kelompok Al Shabaab, yang melakukan penyanderaan di mal di Nairobi, Kenya. Namun, umumnya jumlah warga asing yang terlibat dalam konflik sebelumnya tidak sebanyak di Suriah.

Isu keterlibatan warga Australia di Suriah ini pertama dikemukakan pekan lalu oleh mantan Menlu Bob Carr.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.