Kompas.com - 24/10/2013, 13:57 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara (Korut) memang tokoh kontroversial bahkan hingga di Malaysia. Baru saja rakyat Negeri Jiran itu protes. Pasalnya, sebuah universitas swasta di Malaysia, HELP, memberikan gelar honoris causa untuk pria kelahiran 8 Januari 1983 itu. Tak tanggung-tanggung, tulis laman Bangkok Post hari ini, gelar itu untuk keahlian di bidang ekonomi.

Pemberian gelar untuk anak mendiang pemimpin Korut Kim Jong-il itu rupa-rupanya dihelat awal Oktober ini. Tampatnya, di kantor Kedutaan Besar Korut di Kuala Lumpur.  

Rupanya, banyak rakyat Malaysia tak tahu soal seremoni kecil di tempat itu. Ikhwal pemberian gelar itu baru mengemukan tatkala kantor berita Korut, KCNA, mewartakan hal itu meski dalam sebuah berita kecil.

Alhasil, berita itu menjadi omongan di media sosial. Apalagi, tatkala majalah berbasis di AS, Foreign Policy mengunggah di lamannya soal berita itu. Protes, khususnya di media sosial pun tak terelakkan.

Sementara, Presiden Universitas HELP Paul Chan mengatakan penganugerahan itu memang ada maunya. "Kami ingin membangun jembatan untuk meraih rakyat Korut,"katanya dalam sebuah pernyataan tak resmi.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.