Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ri Sol-ju Bukan Istri Pertama Kim Jong Un

Kompas.com - 23/10/2013, 19:08 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis


PYONGYANG, KOMPAS.com
– Pemimpin belia Korea Utara Kim Jong Un kembali diterpa "gosip".

Setelah dikabarkan mengeksekusi seorang mantan kekasihnya di depan regu tembak, surat kabar papan atas Korea Selatan, Chosun Ilbo, kembali mewartakan kabar miring kalau pernikahan sang pemimpin belia itu dengan istrinya yang sekarang, Ri Sol-ju, bukanlah yang pertama.

Jong Un, begitu Chosun Ilbo mengutip salah seorang sumbernya, pembelot Korut, dikabarkan sudah menikah dengan seorang perempuan bernama Seo Un-hyang.

Baik Seo maupun Hyon Song-wol, mantan kekasih Jong Un yang tewas di tangan regu tembak, sama-sama berprofesi sebagai artis penghibur istana, Unhasu Orchestra.

Seo pernah belajar di universitas di Korut dan populer sebagai artis film-film propaganda negeri komunis itu. Sejumlah sumber menyebut Seo bersuara merdu dan mudah bergaul.

Jong Un disebut-sebut kepincut dengan sosoknya yang terkesan kebarat-baratan. Seo bahkan diceritakan tak canggung menertawakan kesalahannya sendiri saat tampil di depan mendiang penguasa Kim Jong Il dan Jong Un.

Namun begitu Seo lebih lanjut dinilai tak semujur Ri. Jong Un lebih memilih Ri lantaran sosoknya terbilang mirip Kim Jong-suk, istri mendiang kakeknya, Kim Il Sung.

Selama ini Jong Un memang kerap disebut sering mengidentikkan dirinya dengan sosok pendiri Korut itu dan bahkan diyakini mengubah tampilannya agar mirip sebagai salah satu bentuk propaganda menguatkan keberadaannya di kalangan elit Korut.

Salah seorang peneliti Korsel lebih mempertegas dugaan tersebut. Menurutnya hingga September 2011, tiga bulan menjelang kematian Jong Il, Ri masih bekerja dan tampil di atas panggung.

"Jika dia (Ri) memang sudah dipilih (untuk mendampingi Jong Un) tak mungkin dia masih tampil di atas panggung," ujar peneliti pemerintah Korsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com