Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebar Kicauan Antipemerintah, Pejabat Keamanan Gedung Putih Dipecat

Kompas.com - 23/10/2013, 17:01 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang pejabat keamanan Gedung Putih dipecat setelah ketahuan sebagai sumber akun twitter misterius yang mengangkat isu antipemerintah selama dua tahun.

Jofi Joseph, direktur nonproliferasi nuklir, diketahui sebagai orang di balik akun Twitter @NatSecWonk. Lewat akun Twitter-nya, Jofi mengunggah informasi tentang kebijakan luar negeri dan menghina tokoh-tokoh publik.

Bulan ini, ia mengkritik mantan Menteri Luar Negeri, Hilary Clinton, sebagai seseorang dengan "sedikit kebijakan dan tidak ada kemenangan," di Timur Tengah.

Ia juga mengkritik duta besar Amerika untuk PBB, Samantha Power dengan mengatakan, "Apakah ada yang bisa menjelaskan lagi ke @AmbassadorPower bahwa Bashar Assad kemungkinan tidak akan mengikuti akun twitter dia?"

Minta maaf

Dalam keterangan di akun twitternya, Joseph menyebutkan dirinya sebagai "pengamat dalam kebijakan luar negeri dan keamanan nasional".  Joseph mengatakan ia menyesali pesan-pesan di akun twitter itu.

Melalui situs berita Politico, Joseph mengatakan, "Merupakan keistimewaan bagi saya untuk dapat bekerja di pemerintahan ini dan saya menyesal telah melanggar kepercayaan terhadap saya," kata Joseph.

"Apa yang bermula dari akun parodi budaya (Washington) DC berkembang menjadi serangkaian komentar tak layak. Saya bertanggung jawab penuh untuk ini dan saya meminta maaf secara tertulis kepada siapapun yang saya hina," tulisnya seperti dikutip Politico.

Akun twitter @NatSecWonk sudah tidak lagi aktif Selasa (22/10/2013) malam.

Sejauh ini, Gedung Putih tidak mengeluarkan pernyataan resmi terkait insiden Twitter itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com