Kompas.com - 23/10/2013, 15:50 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Jepang membantu korban banjir di Kamboja dengan berbagai logistik seperti generator, tangki polyester, tangki air, dan pemurni air. Bantuan yang mulai berdatangan sejak Rabu (23/10/2013) itu nilainya mencapai 320.000 dollar AS.

Penyerahan secara simbolis bantuan itu dilakukan oleh Duta Besar Jepang untuk Kamboja Yuji Kumamaru kepada Wakil Presiden Komite Nasional Kamboja untuk Pengelolaan Bencana Alam Nhim Vanda di Bandar Udara Internasional Phnom Penh.

Catatan pihak Kamobja menunjukkan, sebagaimana warta AP, banjir lantaran meluapnya Sungai Mekong terjadi sejak pertengahan September. Sampai kini, bencana alam itu sudah menewaskan 168 orang. Dari jumlah itu, 73 di antaranya adalah anak-anak. "Banjir juga membuat 1,8 juta warga kami terkena dampaknya,"kata Nhim Vanda.

Pemerintah Kamboja juga mencatat 344.300 hektare tanaman padi rusak. Kerusakan akibat banjir juga terjadi pada 440 kilometer jalan nasional dan 3.693 kilometer jalan tanah di Kamboja rusak parah. "Kerugian mencapai sekitar 500 juta dollar AS,"imbuh Vanda.

Selain Jepang, China, pekan lalu, mendonasikan bantuan 50.000 dollar AS melalui Palang Merah Kamboja. Lalu, pemerintah Thailand menyumbang dana 200.000 dollar AS, kemarin.

Agustus sampai dengan Oktober adalah bulan-bulan saat Kamboja terlanda banjir. Pada saat itu, musim hujan memang mencapai puncaknya di Kamboja.

Pada 2011, jumlah korban banjir di Kamboja mencapai 250 orang. Setahun sesudahnya, banjir menewaskan 14 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.