Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin: Kekuatan Asing Pakai Islam Radikal untuk Lemahkan Rusia

Kompas.com - 22/10/2013, 22:28 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin, Selasa (22/10/2013), menuduh kekuatan asing menggunakan kelompok-kelompok Islam radikal untuk melemahkan Rusia.

Pernyataan Putin ini dikeluarkan sehari setelah aksi bom bunuh diri di sebuah bus di kota Volgograd yang diduga dilakukan oleh seorang perempuan Muslim asal Dagestan, Kaukasus.

"Sejumlah kekuatan politik menggunakan Islam radikal untuk melemahkan Rusia dan menciptakan konflik di tanah Rusia yang dapan dikendalikan dari luar negeri," kata Putin di hadapan sejumlah tokoh dan ulama Muslim di kota Ufa, Rusia.

Namun, Putin tidak menjelaskan rival asing mana yang dia maksud. Putin dikenal gemar menuduh negara lain, termasuk AS, mencoba mencampuri urusan dalam negeri Rusia sejak dia menjabat presiden untuk masa jabatan ketiga.

Sementara terkait kerusuhan rasial di Moskwa bulan ini, Putin mendesak para ulama untuk membantu para imigran Muslim beradaptasi dengan cara hidup bangsa Rusia untuk mengurangi kekerasan.

"Mereka harus mendengarkan suara Anda (ulama). Jika tidak mereka akan menjadi obyek propaganda berbagai kelompok fundamentalis," tambah Putin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com