Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Tempat untuk Assad di Suriah Masa Depan

Kompas.com - 22/10/2013, 21:46 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Negara-negara Barat dan Arab yang menggelar pertemuan dengan para pemimpin oposisi Suriah di London, Inggris, Selasa (22/10/2013) sepakat bahwa Presiden Bashar al-Assad tidak akan berperan dalam pemerintahan Suriah masa depan. Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Inggris William Hague.

Kelompok yang menyebut diri sebagai "sahabat Suriah" ini menggelar pertemuan dengan para pemimpin oposisi Suriah termasuk pemimpin Koalisi Nasional Suriah untuk mendesak mereka menghadiri konferensi perdamaian untuk Suriah yang akan digelar di Geneva, Swiss bulan depan.

Dalam jumpa pers, Hague mengatakan setelah melakukan pertemuan negara Barat, Arab, dan oposisi menyepakati sejumlah langkah penting.

"Pertama-tama kami setuju untuk bersatu di belakang perundingan Geneva 2 yang disponsori PBB yang harus berujung pada pembentukan pemerintahan transisi Suriah," kata Hague.

"Kesepakatan bersama ini berarti tujuan ini hanya dapat dicapai dengan persetujuan Koalisi Nasional Suriah, sehingga Assad tidak akan memiliki peran dalam pemerintahan masa depan Suriah," tambah Hague.

Lebih lanjut Hague mengingatkan agar Koalisi Nasional Suriah berkomitmen untuk terlibat penuh dalam proses Geneva-2 dan memimpin semua delegasi oposisi Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com