Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara Bagian Jerman Larang Hubungan Guru-Murid di Facebook

Kompas.com - 22/10/2013, 19:36 WIB
BERLIN, KOMPAS.com — Negara bagian Rhineland-Palatine, Jerman, Selasa (22/10/2013), melarang siswa dan guru sekolah di wilayahnya berhubungan melalui situs jejaring sosial Facebook. Alasannya, penyimpanan data kerap digunakan Facebook untuk kepentingan bisnis.

Selain itu, siswa bisa secara pribadi "ngobrol" dengan guru. Berbagai foto dan informasi pribadi lain pun bisa merusak hubungan profesional guru dan murid.

"Semakin banyak guru dan murid membicarakan hal-hal terkait sekolah di Facebook dan kami tak menginginkan itu," kata juru bicara kementerian pendidikan setempat, Wolf-Juergen Karle.

Pembicaraan antara murid dan guru, lanjut Karle, harus dilakukan melalui platform online yang aman bidang pendidikan, dan bukan menggunakan platform terbuka seperti Facebook.

Kementerian Pendidikan Rhineland-Palatinate juga mengatakan, model bisnis Facebook yang mengumpulkan data personal untuk kepentingan bisnis tidak sesuai dengan misi pendidikan sekolah-sekolah di negara bagian ini.

Aturan yang sama juga sudah diterapkan di sejumlah negara bagian lain di Jerman. Salah satunya adalah negara bagian Saxony.

Sementara itu, di negara bagian Schleswig-Holstein, para guru dilarang merencanankan perjalanan sekolah atau memberi nilai lewat media sosial.

Pada 2011, negara bagian Missouri, AS, telah melarang hubungan guru dan murid lewat Facebook. Namun, aturan itu tak pernah diberlakukan setelah serikat guru menggugatnya di pengadilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com