Kompas.com - 22/10/2013, 12:51 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Pemerintah AS menyiapkan sepuluh kendaraan bersenjata, Chevrolet Suburban, untuk membantu PBB memusnahkan senjata kimia Suriah. Menurut warta AP pada Selasa (22/10/2013), kebijakan itu bernilai 1,55 juta dollar AS.

Menurut Departemen Pertahanan AS kendaraan-kendaraan itu diterbangkan ke Lebanon dalam dua jadwal penerbangan berbeda. Penerbangan pertama mulai Kamis (24/10/2013). Lalu, yang kedua pada Minggu  (27/10/2013). "Dari Lebanon, pesawat Angkatan Udara Kanada mengangkut kendaraan-kedaraan itu ke Suriah,"kata pernyataan departemen tersebut.

Hingga kini, AS sudah menggelontorkan dana 6 juta dollar AS untuk bantuan pemusnahan senjata nuklir Suriah melalui PBB. "Angka ini termasuk dana kendaraan-kendaraan tersebut,"kata pernyataan departemen itu.

Dana dari Negeri Uwak Sam disetor ke PBB melalui Dana Perlucutan Senjata. Pengelolaan dana itu juga menjadi bagian dari kerja Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW).

Sampai sekarang, tim OPCW sudah memeriksa 17 dari lebih 20 lokasi penempatan senjata kimia sebagaimana klaim pemerintah Suriah.  Sejauh ini, sudah 14 lokasi stok senjata nuklir yang dimusnahkan. Catatan PBB menunjukkan kalau proyek penghancuran itu mesti kelar pada pertengahan 2014.

SYRIAN TELEVISION / AFP Gambar yang diambil dari siaran televisi pemerintah Suriah ini menampilkan salah seorangn petugas OPCW tengah bekerja di salah satu lokasi penyimpanan senjata kimia Suriah. Selama 10 hari terakhir tim OPCW sudah mendatangi tiga lokasi penyimpanan senjata kimia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.