Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

New Jersey Gelar Pernikahan Sesama Jenis Pertama

Kompas.com - 21/10/2013, 22:18 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com - Kegembiraan dan tawa canda mewarnai pernikahan sesama jenis kelamin pertama yang digelar di New Jersey, AS, Senin (21/10/2013).

Sebelumnya, Gubernur Chris Christie yang berasal dari partai Republik membatalkan rencananya melawan keputusan pengadilan yang mengizinkan pernikahan itu.

"Sangat bahagia, itu yang saya rasakan," kata Marsha Shapiro yang baru saja resmi menikahi pasangannya Louise Walpin di Elizabeth, New Jersey.

Pasangan itu sudah hidup bersama selama lebih dari 20 tahun, membesarkan empat orang anak, telah memiliki seorang cucu, serta satu cucu lagi segera lahir.

Pernikahan keduanya dimulai satu menit setelah tengah malam, di hari pertama pengadilan mengizinkan pernikahan sesama jenis.

Meski, secara pribadi Gubernur New Jersey menolak pernikahan sesama jenis kelamin ini, sejumlah pejabat negara bagian nampaknya ikut berbahagia dengan pernikahan ini.

Wali kota Newark, Cory Booker yang berasal dari partai Demokrat, adalah salah satu yang ikut berbahagia.

"Negara bagian New Jersey, sejauh ini menjadi semakin besar setelah mengakui kesetaraan anak-anak Tuhan ini," ujar Booker.

Booker, yang menolak untuk mengizinkan pernikahan digelar di New Jersey selama tujuh tahun karena larangan pernikahan gay di negara bagian New Jersey, langsung menikahkan enam pasangan gay di pagi harinya.

Sejauh ini hanya terdapat aksi protes yang sangat minim menentang pernikahan sesama jenis di New Jersey ini.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com