Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Bebas ASEAN Prioritaskan Tiga Pilar Kualitas

Kompas.com - 21/10/2013, 16:54 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Pasar bebas ASEAN mendatang menekankan prioritas tiga pilar kualitas untuk sampai pada keberhasilan memenangi persaingan global. Kini, kesiapan seluruh anggota ASEAN rata-rata mencapai 78 persen. Catatan persiapan pasar bebas yang bakal terwujud pada 2015 itu akan sampai pada kesepahaman seluruh produk yang dihasilkan dan diperjualbelikan di ASEAN harus berstandar internasional.


Catatan pada Senin (21/10/2013) menunjukkan ketiga pilar tersebut adalah standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi. Ketiganya menjadi infrastruktur mutu nasional, kata Ketua Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya. Saat berbicara pada perhelatan SNI (Standar Nasional Indonesia) Award 2013, Kamis pekan lalu, ia mengatakan kalau infrastruktur mutu diperlukan untuk memfasilitasi perlindungan kepada masyarakat dan lingkungan hidup, serta meningkatkan daya saing dalam pasar perdagangan global.

Bambang menerangkan juga penyelenggaraan SNI Award kali ini adalah yang kesembilan sejak 2005. BSN, imbuhnya, menggunakan kesempatan ini sebagai salah satu sarana mendorong penerapan SNI. Setidaknya, penerapan SNI membutuhkan kepemimpinan kuat, kerja keras, dan dukungan semua orang dalam organisasi industri. Beberapa poin soal penilaian mencakup kinerja organisasi, fokus kepada pelanggan, manajemen sumber daya, realisasi produk, edukasi, promosi, dan sebagainya. Bambang berpesan, penerima penghargaan bisa menjadi model contoh bagi industri lain dalam penerapan SNI dan peningkatan daya saing.

Berturut-turut, sepuluh penerima SNI Award 2013 dalam berbagai kategori adalah Balai Diklat Industri (Yogyakarta), Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (Jakarta), PT. Schneider Indonesia Unit Indonesia Execution Center (IEC) (Jakarta), PT Bahagia Jaya Sejahtera (Bogor), PT Gunung Subur Sejahtera (Solo), PT. Agrindo Maju Lestari (Tangerang), PT. Timur Raya Tunggal Unit Karawang, PT. Tiga Pilar Sejahtera (Solo), PT Schneider Indonesia Unit Cikarang (Bekasi), dan   PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (Gresik).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com