Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Mesir Kecam Serangan ke Gereja Koptik Kairo

Kompas.com - 21/10/2013, 15:55 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Perdana Menteri Mesir Hazem el-Beblawi, Senin (21/10/2013), mengecam serangan bersenjata ke sebuah pesta pernikahan di luar sebuah Gereja Koptik di Kairo yang menewaskan tiga orang termasuk seorang anak perempuan berusia delapan tahun.

Beblawi bersumpah aparat keamanan Mesir akan melakukan apa pun untuk menyeret pelaku penembakan itu ke pengadilan.

Beblawi mengatakan, serangan pada Minggu malam itu sebuah tindakan kriminal yang tidak berperasaan. "Serangan seperti itu tidak akan memecah belah umat Muslim dan Kristen Mesir," kata Beblawi.

Pada Minggu (20/10/2013) malam, tiga orang tewas termasuk seorang anak perempuan berusia delapan tahun saat sekelompok orang bersenjata menembaki sebuah pesta perkawinan di luar sebuah gereja di Kairo.

Sekelompok orang bertopeng sambil mengendarai sepeda motor secara acak menembaki warga yang baru saja meninggalkan sebuah gereja Koptik di kawasan Waraa, di wilayah utara Kairo.

"Di luar gereja banyak kendaraan lalu lalang ketika sebuah sepeda motor dan sebuah mobil mendekati kerumunan warga di luar gereja. Mobil itu berhenti dan orang di atas sepeda motor mulai menembak lalu kabur," kata Maged Hindy, seorang saksi mata.

Kementerian Dalam Negeri Mesir memastikan seorang anak perempuan berusia delapan tahun serta seorang perempuan dan seorang pria tewas dalam insiden itu sementara sembilan orang lainnya terluka.

"Apa yang telah terjadi adalah serangan terhadap seluruh warga Mesir, bukan hanya umat Kristen. Rakyat mulai muak dengan semua ini," kata imam gereja, Pastor Dawoud.

Insiden ini adalah serangan pertama terhadap umat Kristen Kairo sejak kudeta militer yang menggulingkan Muhammad Mursi, presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com