Kompas.com - 21/10/2013, 15:55 WIB
EditorErvan Hardoko
KAIRO, KOMPAS.com — Perdana Menteri Mesir Hazem el-Beblawi, Senin (21/10/2013), mengecam serangan bersenjata ke sebuah pesta pernikahan di luar sebuah Gereja Koptik di Kairo yang menewaskan tiga orang termasuk seorang anak perempuan berusia delapan tahun.

Beblawi bersumpah aparat keamanan Mesir akan melakukan apa pun untuk menyeret pelaku penembakan itu ke pengadilan.

Beblawi mengatakan, serangan pada Minggu malam itu sebuah tindakan kriminal yang tidak berperasaan. "Serangan seperti itu tidak akan memecah belah umat Muslim dan Kristen Mesir," kata Beblawi.

Pada Minggu (20/10/2013) malam, tiga orang tewas termasuk seorang anak perempuan berusia delapan tahun saat sekelompok orang bersenjata menembaki sebuah pesta perkawinan di luar sebuah gereja di Kairo.

Sekelompok orang bertopeng sambil mengendarai sepeda motor secara acak menembaki warga yang baru saja meninggalkan sebuah gereja Koptik di kawasan Waraa, di wilayah utara Kairo.

"Di luar gereja banyak kendaraan lalu lalang ketika sebuah sepeda motor dan sebuah mobil mendekati kerumunan warga di luar gereja. Mobil itu berhenti dan orang di atas sepeda motor mulai menembak lalu kabur," kata Maged Hindy, seorang saksi mata.

Kementerian Dalam Negeri Mesir memastikan seorang anak perempuan berusia delapan tahun serta seorang perempuan dan seorang pria tewas dalam insiden itu sementara sembilan orang lainnya terluka.

"Apa yang telah terjadi adalah serangan terhadap seluruh warga Mesir, bukan hanya umat Kristen. Rakyat mulai muak dengan semua ini," kata imam gereja, Pastor Dawoud.

Insiden ini adalah serangan pertama terhadap umat Kristen Kairo sejak kudeta militer yang menggulingkan Muhammad Mursi, presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.