Kompas.com - 21/10/2013, 14:02 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Pemerintah Meksiko, badai tropis Raymond bisa "obrak-abrik" kawasan Acapulco. Padahal, kawasan wisata pantai itu menjadi salah satu andalan pemasukan keuangan Meksiko. Menurut warta AP pada Senin (21/10/2013), badai berkecepatan 120 kilometer per jam yang makin dekat dengan kawasan selatan Meksiko itu sudah dipastikan membawa tiupan angin amat kencang berikut hujan deras berkepanjangan.

Belum ada sebulan berselang, dua badai Manuel dan Ingrid yang menghantam Negeri Sombrero itu baru saja memporak-porandakan Acapulco. Fasilitas bandara rusak, rumah-rumah hancur, dan jalanan tergenang banjir membuat Acapulco harus berbenah lebih keras demi menarik turis.

Sementara itu, sejak kemarin, pihak pemerintah Meksiko sudah memerintahkan penutupan sekolah-sekolah sebagai langkah antisipasi menghadapi Raymond. "Paling tidak penutupan hingga Selasa (22/10/2013),"kata pernyataan Pusat Badai Miami.

Perintah penutupan juga disampaikan di Acapulco. Menjelang Minggu tengah malam, otoritas Acapulco juga sudah menutup Pelabuhan Lazaro Cardenas. Tak hanya itu, peringatan waspada juga sudah disampaikan kepada warga di Negara Bagian Guerrero dan Michoacan.

Lalu, terkait dengan korban Manuel dan Ingrid, rilis paling anyar departemen itu menunjukkan sudah 157 warga Meksiko yang tewas. Tak cuma itu, angin kencang dan hujan deras berkepanjangan gara-gara kedua badai itu sudah membuat 1,7 juta warga Meksiko kehilangan tempat tinggal.

RONALDO SCHEMIDT / AFP Para wisatawan terpaksa berjalan di landas pacu bandara Acapulco, Meksiko untuk menanti penerbangan yang akan membawa mereka keluar dari kota wisata tersebut. Setidaknya 40.000 wisatawan terjebak di Acapulco setelah jalur transportasi terputus pasca-hantaman topan Ingrid dan Manuel.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.