Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Bergaya Hidup Jet Set

Kompas.com - 21/10/2013, 13:07 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

SEOUL, KOMPAS.COM — Tak jauh berbeda dengan mendiang ayahnya, Kim Jong Il, sang pemimpin muda negeri komunis serba tertutup Korea Utara, Kim Jong Un, juga gemar menjalani gaya hidup supermewah ala kalangan jet set. Padahal negeri itu diketahui pernah kehilangan nyaris sepertiga populasinya akibat menderita kelaparan lantaran kebijakan yang salah urus.

Dalam wawancaranya dengan surat kabar The Sun, seperti dikutip harian The Korea Herald, Senin (21/10/2013), mantan pebasket bintang NBA, Dennis Rodman, menyebut teman baiknya, Jong Un, bahkan punya pulau pribadi berfasilitas layanan prima bintang tujuh.

Di pulau itu Rodman menghabiskan kebanyakan hari kunjungannya ke Korut beberapa waktu lalu, dengan berkuda, jet skiing, dan minum-minum di atas kapal pesiar mewah (yacht) sepanjang 60 meter bersama Jong Un. “Dia dikelilingi sekitar 60 orang, yang selalu menemaninya berpesta dan minum cocktail. Dia senang membuat orang-orang di sekelilingnya gembira,” ujar Rodman.

Angka nilai impor barang-barang mewah ke negeri itu berlipat ganda sejak Jong Un memimpin. Dari rata-rata 300 juta dollar AS per tahun menjadi 645,8 miliar dollar AS per tahun 2012 saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com