Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otoritas Meksiko Bilang, Raymond Lebih "Strong"

Kompas.com - 21/10/2013, 13:01 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Belum rampung dampak terjangan duet badai Ingrid dan Manuel sebulan silam, Meksiko bakal berhadapan dengan badai Raymond. Kata otoritas Meksiko, Raymond lebih "strong"ketimbang Ingrid dan Manuel, tiupan angin puyuhnya.

Adalah Direktur Komisi Air Meksiko David Korenfeld yang mengatakan kalau Raymond punya kekuatan lebih. Setidaknya, Raymond tiap jamnya punya kecepatan 120 kilometer. Pergerakan sejak Minggu (20/10/2013) dari arah Utara 10 kilometer per jam. "Dalam 72 jam Raymond akan mencapai dua negara bagian di selatan, Guerrero dan Michoacan,"katanya.

Lantaran Raymond, sebagaimana warta AP hari ini, otoritas Meksiko sudah menerbitkan tanda waspada. "Ada 81 wilayah yang sudah mendapat tanda waspada itu,"kata Kepala Departemen Perlindungan Sipil Guerrero Constantino Gonzales Vargas.

BBC Warga dievakuasi dengan tali menyeberang tanah yang longsor di Petaquillas, Meksiko.

Catatan Departemen Perlindungan Sipil Meksiko menunjukkan Raymond akan melanda total 21 negara bagian di Negeri Sombrero itu. Kebanyakan negara bagian itu ada di kawasan pantai Meksiko di Samudera Pasifik.

Sama dengan berbagai badai yang menyambangi Meksiko, Raymond akan hadir dengan tiupan angin kencang dan hujan deras berkepanjangan, setidaknya tiga hari ke depan. Maka, dampak Raymond berwujud banjir bandang dan tanah longsor.

Sementara, terkait dengan korban Manuel dan Ingrid, rilis paling anyar departemen itu menunjukkan sudah 157 warga Meksiko yang tewas. Sementara, angin kencang dan hujan deras berkepanjangan gara-gara kedua badai itu sudah membuat 1,7 juta warga Meksiko kehilangan tempat tinggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com