Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uganda Siaga Hadapi Ancaman Serangan ala Westgate

Kompas.com - 18/10/2013, 18:10 WIB
KAMPALA, KOMPAS.com - Aparat keamanan Uganda, Jumat (18/10/2013), dalam kondisi siaga terkait kemungkinan serangan Al Shabab seperti yang menimpa pusat perbelanjaan Westgate di negeri tetangga, Kenya.

Kekhawatiran Uganda sangat beralasan setelah kelompok Al Shabab dalam sebuah aksi unjuk rasa di Somalia kembali menegaskan bahwa serangan ke Kenya hanyalah sebuah permulaan.

"Tetap siaga, awasi semua kegiatan, karena kita masih diancam teror," demikian pernyataan kepolisian Uganda, sementara pasukan keamanan berpatroli di pusat-pusat perbelanjaan di ibu kota Kampala.

Pemerintah Uganda mengikuti pesan dari Kedutaan Besar AS yang mengatakan terus mendapatkan laporan bahwa serangan ala Westgate akan terjadi di Kampala dalam waktu dekat.

Namun, kedubes AS mengatakan belum diperoleh informasi soal waktu dan lokasi serangan teroris itu.

Alasan lain yang menyebabkan Uganda khawatir adalah pernyataan Al Shabab yang mengatakan serangan di Kenya adalah balasan dari pengiriman pasukan militer negeri itu ke Somalia.

Uganda juga mengirim militernya ke Somalia di bawah bendera Uni Afrika untuk membantu pemerintah Somalia memerangi Al Shabab. Akibatnya, Uganda pada 2010 mengalami serangan bom yang menewaskan 76 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com