Kompas.com - 18/10/2013, 18:10 WIB
EditorErvan Hardoko
KAMPALA, KOMPAS.com - Aparat keamanan Uganda, Jumat (18/10/2013), dalam kondisi siaga terkait kemungkinan serangan Al Shabab seperti yang menimpa pusat perbelanjaan Westgate di negeri tetangga, Kenya.

Kekhawatiran Uganda sangat beralasan setelah kelompok Al Shabab dalam sebuah aksi unjuk rasa di Somalia kembali menegaskan bahwa serangan ke Kenya hanyalah sebuah permulaan.

"Tetap siaga, awasi semua kegiatan, karena kita masih diancam teror," demikian pernyataan kepolisian Uganda, sementara pasukan keamanan berpatroli di pusat-pusat perbelanjaan di ibu kota Kampala.

Pemerintah Uganda mengikuti pesan dari Kedutaan Besar AS yang mengatakan terus mendapatkan laporan bahwa serangan ala Westgate akan terjadi di Kampala dalam waktu dekat.

Namun, kedubes AS mengatakan belum diperoleh informasi soal waktu dan lokasi serangan teroris itu.

Alasan lain yang menyebabkan Uganda khawatir adalah pernyataan Al Shabab yang mengatakan serangan di Kenya adalah balasan dari pengiriman pasukan militer negeri itu ke Somalia.

Uganda juga mengirim militernya ke Somalia di bawah bendera Uni Afrika untuk membantu pemerintah Somalia memerangi Al Shabab. Akibatnya, Uganda pada 2010 mengalami serangan bom yang menewaskan 76 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.