Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Serangan Bom di Kaukasus Gagal, 2 Terduga Pelaku Tewas

Kompas.com - 18/10/2013, 16:32 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Dua orang tewas setelah sebuah bom meledak di luar sebuah masjid desa di Kabardino-Balkaria, wilayah Kaukasus yang bergolak. Demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Rusia, Jumat (18/10/2013).

"Sebuah ledakan dahsyat terjadi pada pukul 03.20 dini hari di desa Dugulubgei, tak jauh dari masjid desa. Jasad dua orang yang belum bisa diidentifikasi tergeletak di lokasi ledakan," demikian pernyataan resmi Kementerian Dalam Negeri Rusia.

Komisi Investigasi Rusia, badan yang menyelidiki kasus-kasus kriminal besar, menduga ledakan itu adalah sebuah upaya serangan bom yang gagal.

Komite mengatakan, ledakan itu terjadi di pintu gerbang kompleks pemakaman desa yang terletak tak jauh dari masjid.

Tim komite investigasi menemukan senjata api, amunisi, granat, sebuah senapan serbu Kalashnikov, dan dua pucuk pistol di lokasi ledakan.

Sebuah laporan awal yang diperoleh kantor berita Interfax menyebut kedua orang itu tewas setelah bom yang sedang mereka "tanam" meledak tanpa sengaja.

Ledakan bom itu terjadi di dekat kota Baksan, tempat kelompok militan meledakkan sebuah pembangkit listrik tenaga air pada 2010. Dalam ledakan bom itu dua penjaga tewas.

Kabardino-Balkaria, yang merupakan kawasan yang populer di kalangan penggemar ski dan pendaki gunung, dianggap sebagai satu dari sedikit kawasan "damai" di Kaukasus.

Kawasan pegunungan di wilayah selatan Rusia ini sudah lama menderita akibat pemberontakan sejumlah kelompok militan Islam yang belakangan kerap menyerang aparat keamanan Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com