Kompas.com - 18/10/2013, 03:19 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
PARIS, KOMPAS.com — Menjelang 100 tahun Perang Dunia I, perwakilan dari 30 negara berkumpul di Paris, Perancis, untuk merancang peringatan selama 4 tahun bagi salah satu perang paling brutal dan memakan korban jiwa sangat banyak itu.

Perang Dunia I berlangsung pada 1914 hingga 1918. Korban jiwa yang tewas karena perang tersebut diperkirakan mencapai tak kurang dari 8,5 juta orang.

Menteri dan para pejabat senior dari berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Australia, berkumpul di Arc de Triomphe, Kamis (17/10/2013), dalam upacara penyalaan api abadi di pemakaman para prajurit tak dikenal tersebut.

Pertemuan akan berlanjut hingga Jumat (18/10/2013), bertempat di kubah emas dari monumen buatan abad ke-17 itu. Kader Arif, Menteri Urusan Veteran Perancis, menjadi tuan rumah sekaligus memimpin pertemuan.

Dalam salah satu wawancara dengan AP, Menteri Veteran Australia Michael Ronaldson mengatakan bahwa penting bagi para pejabat ini untuk memulai menetapkan apa yang mereka saling inginkan dan kapan akan dilakukan, sebagai peringatan atas kedahsyatan Perang Dunia I itu.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.