Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perwakilan 30 Negara Siapkan Peringatan 100 Tahun Perang Dunia Pertama

Kompas.com - 18/10/2013, 03:19 WIB
Pieter P Gero

Penulis

PARIS, KOMPAS.com — Menjelang 100 tahun Perang Dunia I, perwakilan dari 30 negara berkumpul di Paris, Perancis, untuk merancang peringatan selama 4 tahun bagi salah satu perang paling brutal dan memakan korban jiwa sangat banyak itu.

Perang Dunia I berlangsung pada 1914 hingga 1918. Korban jiwa yang tewas karena perang tersebut diperkirakan mencapai tak kurang dari 8,5 juta orang.

Menteri dan para pejabat senior dari berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Australia, berkumpul di Arc de Triomphe, Kamis (17/10/2013), dalam upacara penyalaan api abadi di pemakaman para prajurit tak dikenal tersebut.

Pertemuan akan berlanjut hingga Jumat (18/10/2013), bertempat di kubah emas dari monumen buatan abad ke-17 itu. Kader Arif, Menteri Urusan Veteran Perancis, menjadi tuan rumah sekaligus memimpin pertemuan.

Dalam salah satu wawancara dengan AP, Menteri Veteran Australia Michael Ronaldson mengatakan bahwa penting bagi para pejabat ini untuk memulai menetapkan apa yang mereka saling inginkan dan kapan akan dilakukan, sebagai peringatan atas kedahsyatan Perang Dunia I itu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com