Kompas.com - 17/10/2013, 19:47 WIB
EditorErvan Hardoko
VATICAN CITY, KOMPAS.com — Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengundang Paus Fransiskus untuk mengunjungi Tanah Suci. Undangan Abbas ini disampaikan dalam kunjungannya ke Vatikan, Kamis (17/10/2013).

Namun, dalam berbagai kesempatan, Paus Fransiskus yang selalu menyerukan perdamaian Timur Tengah ternyata sudah terlebih dahulu diundang Pemerintah Israel dan sudah menyatakan kesediaannya.

Kemungkinan besar, Paus Fransiskus akan memenuhi undangan Presiden Shimon Peres itu pada tahun depan.

"Saya mengundang beliau ke Tanah Suci," kata Abbas, setelah menggelar pertemuan tertutup selama 30 menit dengan Paus di Istana Apostolik Vatikan.

Setelah melakukan pembicaraan pribadi, Paus memberi Abbas sebuah pena sambil mengatakan sesuatu kepada tamunya itu.

"Pasti Anda membutuhkan ini untuk banyak hal yang membutuhkan tanda tangan Anda," kata Paus.

"Saya harap pena ini akan saya gunakan untuk menandatangani perjanjian damai dengan Israel," balas Abbas.

Kedua pendahulu Paus Fransiskus, yaitu Paus Johanes Paulus II dan Benediktus XVI, mengunjungi situs-situs di Tanah Suci baik yang berada di wilayah Israel maupun Palestina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.