Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senat AS Sepakat Loloskan RUU Anggaran

Kompas.com - 17/10/2013, 09:16 WIB
Senat AS sepakat meloloskan rancangan undang-undang anggaran untuk membuka kembali operasi pemerintah federal dan menghindari gagal bayar utang, yang barangkali berdampak buruk pada ekonomi global.

Kesepakatan bipartisan itu berhasil dicapai setelah kubu Demokrat, yang memiliki kursi mayoritas di Senat, berhasil memperoleh dukungan suara mayoritas, yaitu 80 suara dibanding 18 suara yang menolaknya.

Keputusan ini akan dikirim kepada Ketua DPR, yang dipegang oleh kubu Republik, yang menyatakan akan mendukung langkah tersebut.

Melalui keputusan Senat pada masa tenggat waktu ini, telah disepakati untuk menaikkan pagu utang sebesar 16,7 triliun dollar AS.

Presiden AS Barack Obama direncanakan akan berpidato menanggapi perkembangan terbaru ini di Gedung Putih.

Penghentian layanan pemerintah

Kesepakatan ini akan memperpanjang batas pinjaman pemerintah federal sampai 7 Februari 2014 dan dana pemerintah hingga 15 Januari 2014.

Sebelumnya, para politisi, bankir, dan ekonom telah memperingatkan konsekuensi ekonomi yang mengerikan dunia bagi dunia, kecuali Senat mampu bersepakat untuk menaikkan batas pinjaman Pemerintah AS.

Selasa (15/10/2013) lalu, penghentian operasi pelayanan pemerintah telah memasuki minggu ketiga, semenjak Pemerintah AS menghentikan sebagian kegiatan mulai awal Oktober lalu.

Ini terjadi lantaran Senat menolak tuntutan DPR untuk tidak mendanai atau menunda pelaksanaan UU asuransi kesehatan yang digagas Presiden Obama, yang merupakan bagian dari RUU Anggaran.

Presiden Obama sejak awal menolak merundingkan perubahan dalam UU Asuransi Kesehatan sebelum kegiatan pemerintah dibuka kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com