Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OPCW Sudah Verifikasi 11 Gudang Senjata Kimia Suriah

Kompas.com - 16/10/2013, 21:14 WIB
DEN HAAG, KOMPAS.com - Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW), yang tengah bertugas di Suriah, pada Rabu (16/10/2013) mengatakan, telah memeriksa 11 dari 20 lokasi penyimpanan senjata kimia yang ditunjukkan Damaskus.

"Misi OPCW sekarang sudah memastikan aktivitas di 11 lokasi penyimpanan senjata kimia Suriah," demikian pernyataan resmi markas besar OPCW di Den Haag, Belanda.

Sejak para inspektur OPCW tiba di Suriah dua pekan lalu, mereka sudah melakukan penghancuran senjata kimia kategori 3 di enam lokasi.

OPCW, yang pekan lalu meraih Nobel Perdamaian, memasukkan senjata katagori tiga sebagai perangkat yang dirancang khusus untuk membantu penyebaran senjata kimia.

Saat ini, OPCW dan PBB memiliki 60 pakar yang bekerja di Suriah untuk memusnahkan persenjataan kimia negeri itu. Tugas penghancuran ini dimulai sebulan setelah OPCW menerima lamaran Presiden Suriah Bashar al-Assad yang ingin bergabung dalam Konvensi Persenjataan Kimia dunia.

Langkah Assad ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya serangan militer Barat terhadap negeri yang dikoyak perang tersebut.

Sejauh ini, pemerintah Suriah mendapatkan pujian dari dunia internasional atas kerja samanya dengan OPCW dan PBB. Meski demikian PBB mengingatkan  penghancuran seluruh senjata kimia Suriah harus sesuai dengang tenggat yang ditetapkan yaitu pertengahan 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com