Kompas.com - 16/10/2013, 21:14 WIB
EditorErvan Hardoko
DEN HAAG, KOMPAS.com - Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW), yang tengah bertugas di Suriah, pada Rabu (16/10/2013) mengatakan, telah memeriksa 11 dari 20 lokasi penyimpanan senjata kimia yang ditunjukkan Damaskus.

"Misi OPCW sekarang sudah memastikan aktivitas di 11 lokasi penyimpanan senjata kimia Suriah," demikian pernyataan resmi markas besar OPCW di Den Haag, Belanda.

Sejak para inspektur OPCW tiba di Suriah dua pekan lalu, mereka sudah melakukan penghancuran senjata kimia kategori 3 di enam lokasi.

OPCW, yang pekan lalu meraih Nobel Perdamaian, memasukkan senjata katagori tiga sebagai perangkat yang dirancang khusus untuk membantu penyebaran senjata kimia.

Saat ini, OPCW dan PBB memiliki 60 pakar yang bekerja di Suriah untuk memusnahkan persenjataan kimia negeri itu. Tugas penghancuran ini dimulai sebulan setelah OPCW menerima lamaran Presiden Suriah Bashar al-Assad yang ingin bergabung dalam Konvensi Persenjataan Kimia dunia.

Langkah Assad ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya serangan militer Barat terhadap negeri yang dikoyak perang tersebut.

Sejauh ini, pemerintah Suriah mendapatkan pujian dari dunia internasional atas kerja samanya dengan OPCW dan PBB. Meski demikian PBB mengingatkan  penghancuran seluruh senjata kimia Suriah harus sesuai dengang tenggat yang ditetapkan yaitu pertengahan 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.