Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perompak Lepas Tanker tapi Colong Muatannya

Kompas.com - 16/10/2013, 13:12 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Perompak di Selat Malaka ini terbilang cerdik. Soalnya, usai menahan sebuah kapal tanker berbendera Thailand sejak Minggu (13/10/2013), perompak tersebut melepaskan kapal angkut itu kembali pada Rabu (16/10/2013). "Tapi, mereka colong muatannya,"kata pernyataan Biro Maritim Internasional (IMB) sebagaimana warta laman Bangkok Post.  

Catatan IMB yang bermarkas di Kuala Lumpur itu menunjukkan kalau kapal tanker tersebut tiba-tiba raib dari pantauan pada Minggu tersebut. Padahal, baru saja tanker itu menaikkan jangkar dari Singapura.

"Para perompak merusakkan peralatan komunikasi kapal tersebut meski tak melukai seluruh awak,"kata pernyataan IMB.

Sedianya, tanker tersebut bakal merapat ke Vietnam. "Dari Vietnam, kapal kembali ke Singapura,"kata IMB.

IMB dalam data termutakhirnya mengatakan perompakan di Selat Melaka dalam tahun-tahun terakhir susut angka kejadiannya. Pasalnya, patroli regional di selat yang menghubungkan antara Asia Tenggara dan Eropa itu terbilang gencar.

Tapi, selama 2013, tindakan kriminal tersebut berpotensi menanjak jumlahnya. Hingga kini, sudah tercatat kejadian perompakan hingga 57 kali.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com