Kompas.com - 16/10/2013, 08:23 WIB
EditorEgidius Patnistik
Partai Republik di Amerika Serikat dianggap telah gagal membuat rencana untuk menangani plafon utang negara. Kini hanya tersisa satu hari untuk bisa membuat keputusan agar Pemerintah AS tidak kehabisan anggaran.

Jika Pemerintah AS tidak juga mencapai kesepakatan soal batas pinjaman hingga hari Kamis, sektor keuangan AS diperkirakan akan membeku dan mengancam ekonomi global.

Kebuntuan soal pinjaman ini menyebabkan lembaga pemeringkat, Fitch, memperingatkan AS akan kehilangan kredit rating di kelas AAA, atau teratas. "Meskipun Fitch tetap percaya bahwa masalah plafon utang akan dinaikkan, situasi politik dan pembiayaan yang menjadi kurang fleksibel bisa meningkatkan risiko kegagalan utang AS," demikian pernyataan Fitch.

Partai Republik yang menguasai DPR dan Demokrat yang mayoritas menduduki Senat masih terus melakukan negosiasi untuk mengakhiri penutupan sementara pemerintahan.

Pemerintahan Amerika ditutup sementara, atau "shutdown", yang dimulai 15 hari lalu saat Partai Republik menuntut Barack Obama menghentikan reformasi di bidang kesehatan yang digagasnya.

Kini, satu hari menjelang batas waktu penentuan utang, Partai Republik berada dalam posisi yang sulit saat mereka juga mencoba mencapai kesepakatan melalui perdebatan di DPR.

Apa yang terjadi dengan plafon Amerika Serikat?

1) Pemerintah AS menghabiskan lebih banyak membelanjakan anggaran daripada untuk jaminan sosial, upah, dan bunga utang.

2) Mendapat pinjaman dalam bentuk obligasi dari Departemen Keuangan AS untuk menutupi kekurangan uangnya.

3) Obligasi dari Departemen Keuangan adalah salah satu investasi paling aman di dunia dan diikuti oleh sejumlah negara di seluruh dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.