Kompas.com - 15/10/2013, 20:22 WIB
EditorErvan Hardoko
TOKYO, KOMPAS.com - Topan Wipha dengan kecepatan hampir 200 kilometer per jam dan dianggap topan terkuat dalam 10 tahun terakhir dalam "perjalanan" mendekati pesisir Jepang, Selasa (15/10/2013).

Angin kencang yang membawa hujan deras ini diprediksi Badan Meteorologi Jepang akan mencapau perairan negeri itu pada Selasa malam. Namun yang lebih mengkhawatirkan, badai ini bergerak ke arah PLTN Fukushima yang rusak.

Topan ini diprediksi akan mencapai kawasan Kanto, Tokyo pada Rabu (16/10/2013) malam dan di hari yang sama topan ini akan melintasi pesisir Fukushima, lokasi pembangkit listrik nuklir yang rusak itu.

"Topan ini kemungkinan besar akan mempengaruhi sistem pengaturan lalu lintas di Tokyo tepat di saat jam sibuk," kata Kepala BMKG Jepang, Hiroyuki Uchida.

Di saat badan meteorologi memperingatkan datangnya hujan deras dan angin kencang bersamaan dengan kedatangan Topan Wipha, operator PLTN Fukushima mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan Fukushima agar siap menghadapi terjangan topan.

"Kami sedang mempersiapkan manajemen yang tepat untuk air terkontaminasi. Kami akan mengawasi lokasi yang mungkin akan kemasukan air akibat topan," kata juru bicara Perusahaan Energi Tokyo (TEPCO).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.