Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Kirim Uang untuk Perempuan Tua yang Kecopetan

Kompas.com - 15/10/2013, 19:09 WIB
VATIKAN KOMPAS.com — Paus Fransiskus dikenal gemar menelepon umat yang berkirim surat kepadanya. Biasanya, Paus akan memberi wejangan, dukungan, dan tuntunan dalam pembicaraan teleponnya.

Namun, belum lama ini Paus memberi lebih dari sekadar simpati dan menjadi pendengar yang baik atas kesulitan umatnya. Paus mengirimkan uang sebesar 200 euro atau hampir Rp 3 juta untuk seorang perempuan tua yang kecopetan di dalam sebuah bus.

Perempuan Venesia berumur akhir 80-an tahun itu dalam suratnya kepada Paus mengatakan, di dalam tasnya terdapat uang sebesar 54 euro atau sekitar Rp 800.000. Uang itu dicuri dalam bus ketika perempuan itu akan menjenguk suaminya di rumah sakit.

Pekan lalu, seorang pastor lokal terkejut mendapatkan sepucuk surat misterius tiba di gereja yang tak jauh dari kediaman perempuan itu.

Pastor Don Gianni Antoniazzi mengatakan, tangannya gemetar saat mengetahui di amplop surat itu terdapat cap resmi Kementerian Luar Negeri Vatikan.

"Ini sebuah momen luar biasa. Paus tak hanya tahu bagaimana cara berinteraksi dengan umat, berkomunikasi dengan brilian, dan memberi mereka harapan," kata Pastor Antoniazzi.

"Namun, Paus juga melayani permintaan pribadi seperti ini," lanjut dia.

Lalu bagaimana isi surat itu?

"Tolong kirimkan uang ini kepada perempuan yang memintanya. Ini adalah hadiah dari Bapa Suci, yang juga memberikan berkatnya untuk dia dan suaminya," demikian sebuah catatan dalam surat itu.

Pastor Antoniazzi kemudian mencairkan cek dari Vatikan itu dan memberikan uangnya kepada umat perempuan itu yang menerimanya dengan penuh rasa terkejut.

Langkah Paus ini hanya berselang sepekan setelah dia mengirim uang untuk korban selamat tenggelamnya kapal imigran di perairan dekat Pulau Lampedusa yang menewaskan 300 orang.

Selain uang, Paus juga mengirimkan kartu telepon kepada para imigran agar mereka bisa menghubungi kerabatnya di Eropa atau di kampung halamannya.

Pada Senin (14/10/2013), Paus mengumumkan akan melelang sepeda motor Harley Davidson miliknya untuk mengumpulkan dana pembangunan penginapan bagi kaum tunawisma.

Harley Davidson itu merupakan hadiah bagi Paus setelah dia memberikan khotbah di hadapan 35.000 penggemar sepeda motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com