Kompas.com - 15/10/2013, 18:25 WIB
EditorErvan Hardoko
KIRKUK, KOMPAS.com - Hari raya Idul Adha di Irak, Selasa (15/10/2013), diwarnai serangan bom yang meledak di kerumunan warga Sunni yang baru selesai menjalankan shalat Id di kota Kirkuk, menewaskan 12 orang.

Di antara korban tewas terdapat tiga anak-anak, seorang polisi dan seorang tentara. Bom itu juga melukai 26 orang lainnya. Korban tewas kemudian diangkut menggunakan mobil pickup polisi.

Serangan bom ini memicu kemarahan warga kota Kirkuk yang menjadi korban. "Tuhan akan membalas mereka yang jahat," ujar warga kota.

Salah seorang warga Khalaf al-Obaidi selamat dari ledakan bom, karena dia tinggal lebih lama di dalam masjid ketika dia bertemu kerabatnya.

"Warga berbondong-bondong keluar masjid dan ledakan terjadi," kata Obaidi.

"Anda melihat teman, saudara dan kerabat tergeletak di tanah. Bahkan seorang kafirpun tak akan melakukan hal seperti ini," tambah dia.

Di Irak, sejumlah serangan terjadi terhadap masjid Sunni dan Syiah sepanjang tahun ini, memunculkan kembali kekhawatiran kekerasan sektarian seperti pada 2006-2007 yang menewaskan puluhan orang.

Sepanjang bulan ini, sudah 300 orang tewas di seluruh Irak dan sudah lebih dari 5.000 orang tewas sejak awal tahun ini akibat berbagai serangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.