Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digendong Saat Tinjau Korban Banjir, Pejabat China Dipecat

Kompas.com - 15/10/2013, 14:40 WIB
Seorang pejabat China dicopot dari jabatannya pada hari Senin (14/10) setelah foto dirinya sedang digendong orang memicu kemarahan di online.

Media pemerintah China melaporkan, gambar yang dimuat di website Sina Weibo menunjukkan seorang pejabat setempat digendong seorang warga desa selagi mengunjungi korban banjir di provinsi Zhejiang.

Komentar yang dimuat bersamaan dengan gambar itu menyebutkan, pejabat yang bernama Wang itu digendong karena ia mengenakan sepatu bermerek mahal, demikian menurut kantorberita pemerintah Xinhua.

Wang adalah pejabat pemerintah daerah Sanqishi di kota Yuyao, di provinsi Zhejiang. Menurut Xinhua, pemerintah lokal mengatakan Wang telah dicopot dari jabatan sebagai direktur kantor konstruksi Sanqishi.

Pemerintah Sanqishi mengatakan kepada Xinhua, Wang, yang mengenakan sepatu dari kain, tadinya akan mencopot sepatu dan berjalan telanjang kaki melintasi genangan air untuk mencapai rumah korban. Tetapi seorang warga desa "menggendongnya walaupun Wang bersikeras akan berjalan telanjang kaki", demikian dilaporkan Xinhua.

Warga desa itu menggendong lagi Wang sewaktu pulang dari rumah itu.

Sebelumnya bulan ini, topan Fitow menghantam Zheijiang, merenggut 10 korban jiwa dan mengganggu kehidupan sekitar tujuh juta orang di provinsi itu. Rumah-rumah roboh dan ladang-ladang tergenang banjir. Di beberapa bagian Zhejiang, yang bertetanggaan dengan Shanghai, hujan turun hampir 29 cm selama 17 jam, demikian dilaporkan media resmi China News Service.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com