Kompas.com - 15/10/2013, 06:17 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengecam serangan bom menjelang perayaan hari raya Idul Adha di Irak. Insiden itu, tulis AP pada Senin (14/10/2013), terjadi di beberapa wilayah Irak.

Catatan Kementerian Dalam Negeri Irak menunjukkan pada Minggu (13/10/2013) terdapat 23 korban tewas dan 148 orang terluka akibat serangan kekerasan di berbagai tempat di Irak. "Saya juga mengucapkan belasungkawa yang dalam bagi para korban tewas," kata Ban Ki-moon dalam pernyataannya.

Sampai kini, Misi Bantuan PBB untuk Irak (UNAMI) masih bertugas di negeri itu. Misi itu bertugas membantu pemerintah dan rakyat Irak untuk membangun perdamaian, demokrasi, dan kesejahteraan.

Irak menjadi saksi mata merebaknya kekerasan dalam tahun-tahun belakangan. Insiden kekerasan itu dikhawatirkan akan mengembalikan Irak kepada kondisi pada 2006 dan 2007. Kala itu, rerata korban tewas per bulan akibat kekerasan bersenjata mencapai 3.000 orang.

Menurut data UNAMI pada September 2013, sebanyak 1.000 warga Irak menjadi korban tewas dan 2.100 warga terluka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.