Kompas.com - 15/10/2013, 00:38 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Meksiko bersiap menghadapi Topan Octave yang berangsur mendekati wilayah Baja, California, pada Senin (14/10/2013). Kendati begitu, topan ini cenderung melemah saat mencapai wilayah tersebut.

Menurut warta AP, posisi angin puyuh itu sudah berada di 285 kilometer selatan Kota Cabo San Lazaro di tanjung barat. Topan bergerak ke utara dengan kecepatan 20 kilometer per jam. Data ini berasal dari info termutakhir Pusat Topan Nasional Miami (NHC).

Lembaga itu mencatat kecepatan maksimal Octave sekitar 95 kilometer per jam. Angka ini turun ketimbang kecepatan pada Minggu (13/10/2013). "Octave akan mencapai tanjung barat pada Selasa (15/10/2013)," kata NHC.

Hingga kini, Pemerintah Meksiko sudah mengeluarkan peringatan antisipasi badai di Baja, California. "Warga kota Santa Fe ke utara hingga Punta Abreojos sudah kami berikan peringatan," kata pernyataan otoritas Pemerintah Meksiko.

Octave akan membawa hujan 7,6 dan 20,3 cm. Angin kencang juga akan bertiup hingga berpotensi menimbulkan kerusakan.

Meski begitu, seluruh pantai Meksiko di Laut Pasifik tetap buka sampai Senin.

Sejauh ini, Meksiko terlanda beberapa topan yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Data termutakhir, bencana alam itu, hingga akhir September, menewaskan 150 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.