Kompas.com - 14/10/2013, 23:07 WIB
EditorErvan Hardoko
LONDON, KOMPAS.com — Kepolisian Inggris, Senin (14/10/2013), memeriksa empat orang yang dicurigai terkait aksi terorisme. Penangkapan keempat orang ini merupakan rangkaian penangkapan yang dilakukan sejak Minggu (13/10/2013).

Polisi menahan dua orang berusia 25 tahun di London timur, seorang pria berusia 28 tahun di sebuah rumah di London barat, dan seorang lagi pria berusia 29 tahun di London tenggara.

Bahkan dalam salah satu penangkapan, di dekat Tower of London—salah satu obyek wisata ternama, harus dilakukan dengan menembak mobil tersangka.

"Kami menembak roda mobil mereka. Tak ada yang terluka," demikian juru bicara Kepolisian Metropolitan London.

Keempat orang tersangka itu kini ditahan dan diperiksa karena dicurigai mempersiapkan sebuah aksi teror.

Berdasarkan undang-undang anti-terorisme Inggris, tersangka bisa ditahan selama 48 jam dan bisa diperpanjang hingga 14 hari.

Kepolisian menegaskan, penangkapan ini sudah direncanakan sejak lama. Mengutip pernyataan pemerintah, BBC mengabarkan bahwa serangkaian penangkapan itu dilakukan untuk mencegah sebuah rencana aksi teror yang sangat serius.

London sudah mengalami sejumlah aksi teror, termasuk pengeboman yang terjadi pada 7 Juli 2005. Saat itu empat pengebom bunuh diri beraksi di sejumlah moda transportasi London dan menewaskan 52 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.