Kompas.com - 14/10/2013, 22:15 WIB
EditorErvan Hardoko
JERUSALEM, KOMPAS.com - Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu, Senin (14/10/2013) mengatakan jika negara-negara Barat mengendurkan tekanan terhadap program nuklir Iran maka itu akan menjadi sebuah "kesalahan sejarah".

"Akan menjadi kesalahan sejarah jika pada tahapan ini tekanan terhadap Iran diringankan, sebelum sanksi yang dijatuhkan memberikan hasil," kata Netanyahu saat membuka masa persidangan musim dingin parlemen Israel.

Sementara itu, menteri Israel yang mengawasi program nuklir Yuval Steinitz mengatakan, tekanan yang berat dari Barat bisa mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir.

Steinitz mengatakan jika warga Iran dihadapkan pada pilihan nyata antara memperbaiki ekonomi dan melanjutkan pengayaan uranium, maka mereka akan meninggalkan ambisi nuklir.

Dalam perkembangan lain, negosiasi terkait program nuklir Iran akan dimulai pada Selasa (15/10/2013) di Geneva, Swiss. Pertemuan ini akan menjadi yang pertama sejak Hassan Rohani terpilih menjadi presiden Iran pada Juni lalu.

Menteri Luar Negeri sekaligus pemimpin tim negosiator Iran, Mohammad Javad Zarif berharap Teheran dan negara-negara Barat bisa mencapai kesepakatan pekan ini terkait "peta jalan" untuk menyelesaikan perselisihan nuklir ini.

"Namun, meski kedua pihak memiliki itikad baik, untuk mencapai kesepatakan terhadap berbagai rincian dan memulai implementasinya nampaknya butuh pertemuan lanjutan di tingkat menteri," ujar Javad Zarif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters,


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.