Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir Larang Ulama Tak Berlisensi Beri Khotbah Shalat Idul Adha

Kompas.com - 14/10/2013, 20:22 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Kementerian Agama Mesir, Senin (14/10/2013), mengatakan, hanya para ulama berlisensi pemerintah yang mendapat izin untuk memberikan khotbah dalam shalat Idul Adha.

Langkah ini diambil untuk mencegah kelompok oposisi dan pendukung Ikhwanul Muslimin menggunakan suasana Idul Adha untuk menggalang dukungan.

Untuk memberikan khotbah di berbagai lokasi shalat Idul Adha, sudah dikerahkan sebanyak 6.520 ulama dari pemerintah maupun Universitas Al-Azhar.

"Kami tidak akan memberi toleransi dengan para ulama yang memberikan khotbah politik di mimbar," kata Ahmad Turk, dari Kementerian Agama.

"Berdasarkan undang-undang, memberikan khotbah tanpa lisensi atau izin tertulis terancam hukuman hingga tiga tahun penjara," lanjut Turk.

Langkah ini diambil Pemerintah Mesir setelah koalisi Islam pimpinan Ikhwanul Muslimin menyerukan pengikutnya untuk berkumpul di berbagai lapangan yang digunakan untuk shalat Idul Adha.

Seruan itu menimbulkan kekhawatiran bahwa kelompok Ikhwanul Muslimin akan menggelar aksi  menentang pemerintah seusai shalat Idul Adha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gulf News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com