Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pimpinan Bajak Laut Somalia Ditangkap di Belgia

Kompas.com - 14/10/2013, 16:30 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com — Salah seorang pemimpin bajak laut Somalia yang dikenal dengan julukan "Si Mulut Besar" ditahan aparat Belgia dan kini ditahan di Brussels, menunggu sidang pengadilan. Demikian sejumlah sumber pengadilan, Senin (14/10/2013).

Si Mulut besar yang bernama asli Mohamed Abdi Hassan ditahan saat turun dari pesawat yang membawanya dari Nairobi, Kenya, ketika mendarat di Brussels, Sabtu (12/10/2013). Demikian kantor berita Belgia, Belga melaporkan.

Pada Januari lalu di Mogadishu, si Mulut Besar mengumumkan pensiun dari dunia bajak laut yang telah delapan tahun digelutinya. Dia kemudian mengatakan berusaha membujuk bajak laut lain mengikuti jejaknya.

Tahun lalu, PBB menyebut si Mulut Besar sebagai salah seorang pemimpin paling berpengaruh di antara para bajak laut Somalia.

Si Mulut Besar atau dalam bahasa Somalia disebut "Afweyne" terlibat dalam pembajakan sebuah kapal supertanker Sirius Star berbendera Arab Saudi pada 2008.

Kapal itu kemudian dibebaskan setelah perusahaan pemilik kapal memberi tebusan beberapa juta dollar AS.

Di tahun yang sama Afweyne juga dikabarkan terlibat dalam pembajakan MV Faina, sebuah kapal barang Ukraina yang membawa 33 tank bekas Uni Soviet. Setelah ditahan 134 hari, kapal itu dibebaskan dengan tebusan sekitar 3 juta dollar AS.

Selain itu, Pemerintah Belgia juga menuding Afweyne membajak sebuah kapal barang Belgia, Pompei, pada 2009 yang ditahan di Somalia selama 70 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com