Kompas.com - 13/10/2013, 00:58 WIB
EditorErvan Hardoko
NEW DELHI, KOMPAS.com - Topan Phailin dengan kekuatan sekitar 130 kilometer per jam menghantam pesisir timur India, Sabtu (12/10/2013), menewaskan sedikitnya lima orang dan mengakibatkan setengah juta orang mengungsi.

Topan Phailin ini diprediksi tetap bertiup kencang dengan kecepatan rata-rata 130 km per jam hingga Minggu (13/10/2013) saat topan itu bergerak ke negara bagian Odisha dan Andhra Pradesh.

Empat orang tewas akibat tertimpa pohon yang tumbang, sedangkan satu orang lainnya tewas tertimpa dinding rumahnya. Di beberapa kota termasuk ibu kota negara bagian Odisha, Bhubaneswar aliran listrik dikabarkan putus.

Pemerintah setempat mengevakuasi penduduk desa di sepanjang pantai ke tempat-tempat penampungan dan sekolah di tiga distrik di negara bagian Andhra Pradesh dan lima distrik di Orissa.

Namun, banyak warga desa yang mengatakan mereka tidak diminta untuk mengungsi dan beberapa lainnya menolak meninggalkan kediaman mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Sky News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.