Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Al Qaeda Dukung Pemberontak Suriah

Kompas.com - 12/10/2013, 17:13 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemimpin Al Qaeda Ayman al-Zawahri memberi dukungan kepada kelompok pemberontak Suriah untuk bersatu melawan pemerintahan Presiden Bashar al-Assad. Menurut warta AP pada Sabtu (12/10/2013), pentolan Al Qaeda itu menyerukan agar kelompok perlawanan bersatu untuk memerangi al-Assad.

Menurut pesan audionya, al-Zawahri mengatakan para pemberontak harus loyal dan bersatu. Menurutnya, hal ini penting untuk mewujudkan cita-cita mendirikan negara Islam.

AFP PHOTO / JAY DIRECTO Warga Filipina memasang tulisan anti-Amerika Serikat dan menyalakan lilin dalam doa bersama di Manila, 7 September 2013. Paus Fransiskus menyerukan kepada dunia agar puasa dan doa bersama untuk perdamaian Suriah dan menolak intervensi militer.

Pernyataan al-Zawahri menunjukkan kalau Al Qaeda berada di belakang pemberontak Suriah. Selama masa perang saudara di Suriah rantai kelompok teroris ini muncul dalam dua nama Jabgat al-Nusra dan Al-Sham. Pemimpin yang pertama berasal dari Suriah. Yang kedua dipimpin seorang Irak. Keduanya disebut-sebut amat loyal kepada pengganti mendiang Osama bin Laden ini.

Pada bagian selanjutnya, al-Zawahri mengatakan kelompok-kelompok pemberontak harus konsisten berjuang. "Jangan bersepakat dengan Barat dan kelompok-kelompok sekuler,"kata al-Zawahri.
 

AFP PHOTO / STRINGER Umat Kristen Suriah berdoa untuk perdamaian di Lady of Dormition, Katedral Melkite Greek Catholic di Kota Tua Damaskus 7 September 2013. Paus Fransiskus menyerukan kepada dunia agar puasa dan doa bersama untuk perdamaian Suriah dan menolak intervensi militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com