Kompas.com - 12/10/2013, 08:45 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
PYONGYANG, KOMPAS.com — Halaman muka surat kabar The Korea Times, Jumat (11/10/2013), mewartakan lanjutan dari kabar miring terkait istri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Ri Sol-ju. Pasangan ini kembali muncul bersama, setelah Ri sempat menghilang beberapa waktu dan bahkan dikabarkan dieksekusi.

Pasangan nomor satu di negeri serba tertutup itu tampak ceria saat menghadiri upacara peresmian perumahan bagi para profesor Korut di Pyongyang. Dalam rekaman tayangan stasiun televisi pemerintah (KCTV) tersebut, tampak Ri dibalut baju warna biru langit dalam acara yang berlangsung, Rabu (9/10/2013).

Ri diketahui menghilang dari publik sejak 15 September 2013. Hal itu terjadi bersamaan dengan kemarahan Pemerintah Korut terhadap pemberitaan sejumlah media massa Korsel, yang dianggap telah menghina sang ibu negara. Beberapa media massa Korsel menyebut Ri pernah terlibat dalam sebuah tayangan "video dewasa".

Sebuah eksekusi atas perintah Jong Un sempat dikabarkan dilakukan terhadap sejumlah orang, termasuk salah satunya diyakini sebagai mantan kekasih sang pemimpin belia itu. Mereka diyakini dieksekusi lantaran mengetahui dan terlibat langsung dalam proses pembuatan tayangan video dewasa yang melibatkan Ri.

Menurut kepala dinas intelijen Korsel (NIS), Nam Jae-joon, eksekusi dilakukan untuk menutupi jejak masa lalu Ri. "Kemunculan Ri dan Jong Un kali ini tampaknya dilakukan untuk menepis semakin berkembangnya spekulasi terkait skandal tadi," ujar Nam.

Sebelum menikah dengan Jong Un, Ri diketahui sebagai penyanyi di orkestra Unhasu. Menurut salah seorang pembelot Korut yang tiba di Korsel pada 2008, kelompok orkestra itu pada masa pemimpin Kim Jong-il, disebut sebagai Brigade Kesenangan (Pleasure Brigade).

"Mereka terdiri dari perempuan-perempuan muda cantik, yang tugasnya membantu Kim dan para pejabatnya untuk bersantai," ujar si pembelot, yang mengaku tak heran jika sampai ada spekulasi menyebut tentang rekaman video porno itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.