Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Kapal Pengangkut Ratusan Imigran Tenggelam di Italia

Kompas.com - 12/10/2013, 00:57 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Reuters

ROMA, KOMPAS.com — Sebuah kapal diduga berisi para imigran terbalik di perairan antara Sisilia dan Tunisia, Jumat (11/10/2013). Angkatan laut Italia, seperti dikutip kantor berita ANSA, mengatakan, ratusan orang kini ada di laut dan sejumlah mayat sudah terlihat.

Insiden ini terjadi hanya sepekan setelah 319 imigran tewas tenggelam ketika kapal yang mengangkut imigran dari Eritrea dan Somalia karam di perairan Pulau Lampedusa, Italia. "Setidaknya 200 orang ada di laut. Helikopter kami mengangkat mereka," ujar juru bicara angkatan laut setempat, Jumat.

Pulau Lampedusa adalah pulau kecil di perairan antara Sisilia yang masuk wilayah Italia dan Tunisia. Lokasi pulau ini sudah lama menjadi tujuan para imigran. 

Merujuk data Komisi Tinggi PBB untuk Urusan Pengungsi, selama 2013 setidaknya 32.000 imigran mendatangi kawasan selatan Italia dan Malta. Dari jumlah itu, dua pertiganya adalah pencari suaka.

Bila biasanya para imigran yang datang ke Italia berasal dari kawasan sub-sahara, pada tahun ini sebagian imigran adalah warga Suriah yang mengungsi dari perang sipil dan warga dari Mesir yang dihajar krisis politik. Pada umumnya Italia hanya menjadi lokasi transit menuju wilayah lain di Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com