Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Mobil Meledak di Luar Konsulat Swedia di Benghazi

Kompas.com - 11/10/2013, 18:34 WIB
BENGHAZI, KOMPAS.com — Sebuah bom mobil meledak di luar kantor konsulat Swedia di kota Benghazi, Libya, Jumat (11/10/2013). Ledakan itu menghasilkan kerusakan serius pada kantor konsulat, tetapi tidak mengakibatkan korban manusia.

"Sebuah ledakan kuat di depan konsulat Swedia merusak kantor konsulat dan sejumlah bangunan lain tapi tidak ada korban jiwa," kata Kolonel Abdullah Zaidi, perwira keamanan setempat.

Insiden ini semakin mengukuhkan situasi tak berhukum di Libya sejak Revolusi 2011 yang menjungkalkan diktator Moammar Khadafy. Serangan bom ini terjadi hanya berselang sehari dari penculikan PM Ali Zeidan di Tripoli.

Kantor konsulat Swedia adalah satu dari sedikit perwakilan negara asing yang masih bertahan di Benghazi, kota tempat lahirnya pemberontakan terhadap Khadafy.

Konsulat Swedia ini berada di distrik Al-Fouihet di sebelah timur kota, tak jauh dari konsulat Mesir yang dibom Agustus lalu.

Serangan terburuk terjadi pada September 2012, saat orang-orang bersenjata menyerang konsulat AS menewaskan empat orang diplomat, termasuk Duta Besar Chris Stevens.

Sejauh ini belum ada satu pun kelompok yang menyatakan bertanggung jawab atas ledakan bom mobil di dekat konsulat Swedia ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com