Kompas.com - 11/10/2013, 17:48 WIB
EditorErvan Hardoko

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Vatikan, Jumat (11/10/2013), menarik penjualan lebih dari 6.000 medali untuk menandai peringatan satu tahun Paus Fransiskus karena salah menuliskan nama Yesus pada medali tersebut.

Para pejabat baru menyadari bahwa huruf "J" untuk Jesus ternyata ditulis dengan awalan huruf "L".

Biro media Vatikan mengatakan hanya empat dari medali yang salah eja itu yang sudah terjual dan diperkirakan akan menjadi koleksi sangat mahal bagi kolektor yang sempat membeli.

Medali Vatikan dengan wajah Paus Fransiskus banyak diburu para kolektor di seluruh dunia.

Koin dengan wajah Paus Fransiskus, Paus Jesuit pertama dalam sejarah, dibuat dari emas, perak, dan perunggu.

Vatikan mengeluarkan medali baru setiap Paus baru terpilih dan produksi medali ini merupakan sumber pendapatan bagi Takhta Suci, terutama di tengah langkah reformasi yang direncanakan Paus Fransiskus.

Medali yang ditarik terdiri dari 200 medali yang terbuat dari emas, 3.000 dari perak, dan 3.000 dari perunggu. Penjualan medali ini sempat dilakukan di toko Vatikan di lapangan Santo Petrus.

Tulisan yang ditulis di medali diambil dari ayat dalam Injil yang membuat Paus Fransiskus mengabdikan diri dalam kehidupan agama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.