Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edward Snowden Bertemu Ayahnya di Moskwa

Kompas.com - 11/10/2013, 16:09 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Lon Snowden, Jumat (11/10/2013), dikabarkan telah bertemu putranya Edward Snowden untuk pertama kalinya sejak pria itu mendapatkan suaka di Rusia demi menghindari hukum Amerika Serikat.

Lon, pada Kamis (10/10/2013), tiba di Moskwa dan kini sudah bertemu dengan putranya. Namun, tidak diperoleh informasi waktu dan lokasi pertemuan ayah dan anak itu.

"Pertemuan sudah berlangsung dan sangat emosional," ujar seorang sumber kepada kantor berita Interfax, sambil menambahkan lebih rinci bahwa informasi tidak diberikan dengan alasan keamanan.

Sebelumnya, Lon Snowden kepada stasiun televisi Pemerintah Rusia mengatakan, kedatangannya untuk memastikan kondisi kesehatan putranya sekaligus mendiskusikan masa depan anaknya itu.

Lon mengatakan, dia tidak berharap Edward kembali ke Amerika Serikat dan dia mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Rusia yang sudah memberikan perlindungan untuk putranya.

Rusia memberikan suaka sementara selama satu tahun untuk Edward Snowden. Namun, AS meminta agar Snowden bisa diekstradisi ke negara kelahirannya untuk menghadapi dakwaan terkait pembocoran data rahasia program pengawasan telepon AS.

Awal pekan ini, sekelompok mantan para pekerja intelijen AS yang kini mempromosikan etika dalam profesi ini memberikan hadiah berupa penghargaan untuk Snowden.

Sementara itu, Wikileaks yang terus mendukung Snowden memublikasikan foto otentik pertama Snowden sejak dia menjadi buronan setelah dia meninggalkan bandara Sheremetyevo, Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com