Kompas.com - 11/10/2013, 16:09 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com — Lon Snowden, Jumat (11/10/2013), dikabarkan telah bertemu putranya Edward Snowden untuk pertama kalinya sejak pria itu mendapatkan suaka di Rusia demi menghindari hukum Amerika Serikat.

Lon, pada Kamis (10/10/2013), tiba di Moskwa dan kini sudah bertemu dengan putranya. Namun, tidak diperoleh informasi waktu dan lokasi pertemuan ayah dan anak itu.

"Pertemuan sudah berlangsung dan sangat emosional," ujar seorang sumber kepada kantor berita Interfax, sambil menambahkan lebih rinci bahwa informasi tidak diberikan dengan alasan keamanan.

Sebelumnya, Lon Snowden kepada stasiun televisi Pemerintah Rusia mengatakan, kedatangannya untuk memastikan kondisi kesehatan putranya sekaligus mendiskusikan masa depan anaknya itu.

Lon mengatakan, dia tidak berharap Edward kembali ke Amerika Serikat dan dia mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Rusia yang sudah memberikan perlindungan untuk putranya.

Rusia memberikan suaka sementara selama satu tahun untuk Edward Snowden. Namun, AS meminta agar Snowden bisa diekstradisi ke negara kelahirannya untuk menghadapi dakwaan terkait pembocoran data rahasia program pengawasan telepon AS.

Awal pekan ini, sekelompok mantan para pekerja intelijen AS yang kini mempromosikan etika dalam profesi ini memberikan hadiah berupa penghargaan untuk Snowden.

Sementara itu, Wikileaks yang terus mendukung Snowden memublikasikan foto otentik pertama Snowden sejak dia menjadi buronan setelah dia meninggalkan bandara Sheremetyevo, Rusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.