Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamboja Resmikan Patung Perunggu Mendiang Raja Sihanouk

Kompas.com - 11/10/2013, 15:20 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Peringatan satu tahun wafatnya Raja Norodom Sihanouk menjadi penanda peresmian patung perunggu raja tersebut. Menurut warta Xinhua pada Jumat (11/9/2013).

Patung setinggi 100 kaki itu kini berdiri megah di ibu kota Phnom Penh. Catatan pemerintah menunjukkan harga patung itu sekitar 1,2 juta dollar AS.

Norodom Sihanouk adalah sosok yang melekat di hati rakyatnya. Paling tidak hal itu terlihat dari tetap membanjirnya warga yang menjenguk perabuan jenazahnya di Istana Kerajaan.

Saat peresmian patung itu, Perdana Menteri Hun Sen dan raja Kamboja saat ini, Norodom Sihamoni hadir. Norodom Sihamoni tak lain adalah anak laki-laki Norodom Sihanouk.

Norodom Sihanouk wafat pada 15 Oktober 2012 karena serangan jantung. Sihanouk berjasa membuat Kamboja tetap dalam keadaan damai sejak merdeka dari Perancis pada 1953.

Hingga kini, ujian masih membayangi Raja Norodom Sihamoni. Pasalnya, perkara besar yang belum tuntas di Kamboja adalah belum seiya sekatanya pemerintahan Hun Sen dengan kelompok oposisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com