Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu AS: Penundaan Bantuan Militer untuk Mesir Bisa Dicabut

Kompas.com - 10/10/2013, 20:34 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri AS John Kerry, Kamis (10/10/2013), mengatakan, penundaan pengiriman sejumlah peralatan perang ke Mesir masih mungkin dicabut tergantung perilaku para pemimpin negeri itu.

Kerry menegaskan, Amerika Serikat akan segera mengirimkan peralatan perang ke Mesir jika Kairo segera mengembalikan pemerintahan ke tangan sipil.

"Jadi semua akan didasarkan pada apa yang dilakukan Pemerintah Mesir," kata Kerry di sela-sela kunjungan kerjanya di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Penundaan pengiriman ini bukan berarti kami tidak memiliki hubungan lagi dengan Mesir atau memengaruhi komitmen kami membantu transisi demokrasi Mesir," tambah Kerry.

Sebelumnya, pada Rabu (9/10/2013) AS menghentikan pengiriman sejumlah besar persenjataan dan bantuan keuangan sebesar 260 juta dollar untuk militer Mesir.

Langkah ini tampaknya ditujukan untuk memperlihatkan rasa kecewa Washington terhadap para pemimpin militer Mesir terkait langkah pembubaran pengunjuk rasa pro-Mursi yang mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia.

Dengan keputusan ini maka pengiriman sejumlah peralatan perang seperti helikopter serbu Apache, pesawat tempur F-16, suku cadang tank M1A1 Abrams, dan sejumlah rudal Harpoon dihentikan.

Presiden AS Barack Obama dikabarkan juga telah memerintahkan tim penasihat keamanan nasional untuk mengevaluasi bantuan tahunan sebesar 1,5 miliar dollar AS untuk Mesir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com