Kompas.com - 10/10/2013, 18:09 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) yang bekerja di bawah naungan Dewan Keamanan (DK) PBB dalam rilis termutakhirnya mengatakan, ada 12 pakar senjata kimia lagi yang sudah datang di Damaskus, Suriah. Data itu diwartakan AP pada Kamis (10/10/2013).

"Gencatan senjata sementara di Suriah bakal membuat para pakar bekerja cepat," kata Ketua OPCW Ahmet Uzumcu.

Lebih lanjut, Uzumcu mengatakan kalau tenggat pemusnahan senjata kimia Suriah terbilang ketat, meski ada banyak tantangan keamanan dan logistik pada prosesnya. "Tetapi, target utama memang pemusnahan senjata kimia itu," tegas Uzumcu.

Catatan Uzumcu menunjukkan kelompok pertama tim pakar datang pada Selasa (8/10/2013). Tim kemudian bertemu secara resmi dengan pihak Kementerian Luar Negeri Suriah. "Tim bakal memulai pekerjaan dasar pada 6 Oktober 2013," kata Uzumcu sembari menambahkan kalau Pemerintah Suriah sampai kini sudah menunjukkan sikap kerja sama baik.

Tenggat DK PBB menunjukkan OPCW membantu pemusnahan seluruh senjata kimia Suriah hingga semester pertama 2014. Misi bakal mendapat kesempatan perpanjangan tugas setelah makin banyak pakar yang datang ke Suriah pada awal November tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.